Wednesday 18 December 2013

Mengetahui Kebutuhan Pupuk untuk Lahan Sawah Anda sekarang bisa via Online



Departemen Pertanian sudah menyediakan aplikasi untuuk menghitung kebutuhan Pupuk untuk Lahan Budidaya Tanaman Padi Anda secara online, dapat dilakukan  melalui komputer atau laptop, juga dapat dilakukan dengan HP Android (Download aplikasi) dan dapat dilakukan melalui HP yang bisa Online, termasuk via SMS. Secara umum, Anda boleh membaca Pengetahuan Tanaman Padi singkat dalam link berikut ini,

Anda dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk kebutuhan menyediakan hara Lahan Pertanian Anda.

Caranya mudah, agar kita bisa memanfaatkannya untuk menghitung kebutuhan Hara pada lahan Anda adalah meliputi beberapa langkah berikut ini :
2. klik Bahasa Indonesia
3. Centang kolom "Saya Setuju" dan Klik Bahasa Indonesia (bahasa pilihan Anda)

4. Pilih Download Questioner (jika dibutuhkan agar dapat diperbanyak sesuai JUMLAH ANGGOTA KELOMPOK TANI. 

5. Isikan quetioneer sesuai pertanyaan, Jawab setiap pertanyaan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. 
  • Data-data teknis seperti BAGAN WARNA DAUN, KEADAAN HARA TANAH dan sebagainya dapat Anda peroleh dengan menghubungi PETUGAS PERTANIAN (Penyuluh Pertanian, Mantri Pertanian, Petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman, dan sebagainya). Jika belum ada informasi, pilih TIDAK - agar Anda dapat melanjutkan proses penghitungan Kebutuhan Pupuk Anda.





6. Jika sudah terjawab, selalu klik KIRIM

7. Tampilan REKOMENDASI PEMUPUKAN pada lahan Anda, 

8. Selain tampilan diatas - HASIL ANALISA KALKULATOR PEMUPUKAN INI MEMILIKI BANYAK MANFAAT, Anda bisa menghitung dan memilih sendiri Jenis-jenis Pupuk yang dapat Anda manfaatkan dan Berapa Perkiraan Uang yang Anda akan keluarkan dan Berapa Banyak Uang yang Anda akan Dapatkan. Masing-masing hasil perhitungan tersebut dapat Anda cetak untuk Anda gunakan sendiri atau disajikan kepada Pelaksana Budidaya, dibawah ini adalahscreenshot pilihan yang dapat Anda tampilkan :

  • Klik Takaran NPK, untuk detail jumlah pupuk Nitrogen (misal : Urea, dsb), atau Phosphat (misal : SP36, dsb), dan lain-lain.
  • Klik Perkiraan biaya dan keuntungan dari pemupukan, untuk detail  berapa uang yang dibutuhkan dan berapa besar uang yang didapatkan.
  • silahkan Anda coba klik kanan dan pilih BUKA TAUTAN DI TAB BARU untuk masing-masing Icon tersebut.




Pilih dan Jawab seluruh Pertanyaan yang muncul, sesuaikan dengan keadaan Nyata yang Anda miliki. Dan pada akhirnya nanti, akan muncul tampilan hasil yang dapat digunakan oleh Petani dalam menyediakan Pupuk di lokasi Anda.


Baik, Selamat Anda telah memperoleh penjelasan tentang Bagaimana cara memanfaatkan aplikasi Kalkulator Pemupukan via Web http://webapps.irri.org/nm/id/


Jika Anda adalah rekan yang akan membantu Petani untuk mengetahui keadaan hara Spesifik Lokasi, Anda dapat mencetak Kuisener yang dapat diisi oleh Petani Anda lalu Anda, Silahkan Anda bantu mengisi keterangan-keterangan tersebut sehingga lantas Anda dapat teruskan melakukan Print Out. 

Bantulah Rekan Anda yang belum bisa memanfaatkan fasilitas mudah ini. Aplikasi ini mahal, namun sudah dibuka agar memudahkan bagi Anda- Petani Indonesia. Semoga bisa meningkatkan Produksi Beras kita.

No comments:

Post a Comment